Sejarah Internet

Sejarah Internet



Awal mulanya, Internet adalah jaringan computer yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di th. 1969, lewat proyek ARPA yang dimaksud ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimanakah dengan hardware serta software computer yang berbasis UNIX, kita dapat lakukan komunikasi dalam jarak yg tidak terhingga lewat saluran telephone. Proyek ARPANET membuat bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar info bisa dipindahkan, serta pada akhirnya seluruhnya standard yang mereka tetapkan jadi cikal akan pembangunan protokol baru yang saat ini di kenal juga sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Maksud awal dibangunnya proyek itu yaitu untuk kepentingan militer. Ketika itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) bikin system jaringan computer yang menyebar dengan menghubungkan computer di beberapa daerah vital untuk menangani permasalahan apabila berlangsung serangan nuklir serta untuk hindari terjadinya info terpusat, yang jika berlangsung perang bisa gampang dihancurkan.

Pada awalnya ARPANET cuma menghubungkan 3 website saja, yakni Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membuat satu jaringan terpadu di th. 1969, serta dengan cara umum ARPANET dikenalkan pada bln. Oktober 1972. Selang beberapa saat proyek ini berkembang cepat di semua daerah, serta seluruhnya kampus di negara itu mau berhimpun, hingga bikin ARPANET kesusahan untuk mengaturnya.

Oleh karenanya, ARPANET dipecah manjadi dua, yakni " MILNET " untuk kepentingan militer serta " ARPANET " baru yang lebih kecil untuk kepentingan non-militer seperti, universitas-universitas. Paduan ke-2 jaringan pada akhirnya di kenal dengan nama DARPA Internet, yang lalu disederhanakan jadi Internet.

wdcfawqafwef